Sabtu, 21 November 2009

Kami Martir, Bukan Jihad

Ketika artikel ini sedang ditulis, dunia dikejutkan lagi dengan bom Bali jilid dua yang membunuh belasan hingga dua puluhan orang. Menurut polisi, kesimpulan sementara pelaku bomnya termasuk dalam korban karena sekalian bunuh diri, sehingga disebut bom bunuh diri, dan di sinyalir atau diduga merupakan perbuatan Jemaah Islamiah.

Mereka berjuang untuk kebenaran yang mereka yakini dengan kekerasan. Mereka berkeyakinan bahwa jika mereka membunuh orang demi tujuan mereka, maka mereka bukan hanya tidak akan mendapat hukuman dari Tuhan bahkan sebaliknya akan mendapat hadiah. Karena konsep dan keyakinan demikian maka terjadilah bom-bom bunuh diri di mana-mana. Menurut mereka tindakan mereka adalah memerangi kejahatan dengan melakukan bom yang mematikan banyak orang yang tidak bersalah.

Sebagian lagi menghancurkan rumah atau toko yang dipakai untuk perjudian. Menghancurkan toko yang menjual minuman keras, bahkan mereka juga menghancurkan rumah yang dipakai untuk kebaktian. Mereka menuduh aktivitas-aktivitas tersebut sebagai kejahatan, maka mereka menghancurkan rumah-rumah tersebut. Tindakan menghancurkan rumah orang dinilai tidak jahat. Semua tindakan mereka diklaim sebagai kepatuhan terhadap kitab suci mereka, atau sebagai pengimplementasian iman fundamental mereka.

Prinsip Fundamentalis Kristen

Fundamentalis Kristen tidak mungkin melakukan kekerasan apalagi kejahatan. Fundamentalis Kristen tidak menganut konsep tujuan menghalkan cara. Tujuan yang mulia harus dicapai dengan cara yang mulia juga. Justru di benak Fundamentalis Kristen, jangan sampai tujuan yang mulia dirusak oleh cara pencapaiannya yang tidak mulia.



Sikap Terhadap Negara

Fundamentalis Kristen adalah orang-orang yang percaya dengan segenap hati kepada Allah yang maha kuasa dan maha adil. Percaya sepenuh hati bahwa Allah adalah hakim terakhir yang akan mengadili dengan seadil-adilnya, dan akan “mengkasasi” ulang semua kasus di dunia ini.

Fundamentalis Kristen tidak membalas kejahatan dengan kejahatan karena percaya bahwa segala kejahatan di dunia ini yang tidak terhukumkan oleh negara, pasti akan dihukum ulang oleh Allah yang maha adil. Hanya orang yang tidak percaya kepada Allahlah yang akan membalas kejahatan dengan kejahatan.

Fundamentalis Kristen percaya pada fungsi negara sebagaimana ditetapkan oleh Allah sebagai pihak yang berwenang untuk menjatuhkan hukuman. Ketika seorang Fundamentalis Kristen dijahati oleh sesama warga negara lain, maka pertama Fundamentalis Kristen akan melaporkan kepada aparat hukum negara. Tentu yang kedua ialah melapor kepada Allah yang maha adil dengan doa.

Negara dengan aparathukumnyadiharapkan bisa melaksanakan hukuman yang setimpal atau bahkan seharusnya lebih berat kepada pelaku kejahatan. Tentara sebuah negara berperan menjaga agar negara tetap eksis supaya wilayah tersebut tidak akan menjadi wilayah tanpa pemerintah yang akan berlaku hukum rimba.

Ketika seorang warga negara percaya pada aparat penegak hukum negara tersebut maka ia tidak akan melaksanakan pembalasan melainkan menyerahkan semua perkaranya kepada aparat hukum. Sebaliknya apabila seorang warga negara tidak percaya kepada aparat hukum negara tersebut maka ia akan membalas setiap kejahatan yang menimpanya. Selagi raja damai belum datang mendirikan kerajaan damai, kejahatan akan selalu ada.

Ukuran keberhasilan aparat hukum sebuah negara, bukan hanya pada penurunan tingkat kejahatan yang terjadi pada negara tersebut, melainkan juga pada kepercayaan warga negara kepada aparat hukum yang diwujudkan dengan menyerahkan kasusnya untuk ditangani aparat hukum.

Sikap Terhadap Allah

Mengapakah Tuhan Yesus mengkategorikan orang-orang yang melakukan kejahatan sebagai anak-anak iblis? Selain memang iblis melakukan kejahatan, anak-anak iblis juga tidak rela mempercayakan kasusnya kapada Allah. Iblis tidak percaya bahwa Allah akan mengadili dengan adil dan akan mengadili ulang semua kejahatan yang telah diadili secara tidak adil oleh hakim dunia yang hatinya tidak adil.

Ketika seseorang percaya bahwa Allah pencipta langit dan bumi adalah Allah yang maha adil, maka sesungguhnya ia pasti akan diekspresikan imannya melalui sikap menyerahkan semua perkara ketidakadilan yang menimpanya kepada Allah yang maha adil. Ia akan memandang sambil tersenyum terhadap semua ketidakadilan yang menimpanya bahkan terhadap pengadilan pemerintah yang tidak adil. Ia percaya dengan segenap hati bahwa semua ketidakadilan pasti akan diselesaikan Allah ketika tiba hari penghakiman.

Sebaliknya orang-orang yang tidak percaya kepada Allah, yang hanya di mulut saja menyeru-nyerukan nama Allah, akan melakukan pembalasan atas kejahatan yang menimpa mereka. Sesungguhnya mereka tidak percaya kepada Allah, mereka hanya memanfaatkan nama Allah untuk kepentingan mereka sendiri.

Jika mereka percaya kepada Allah maka mereka akan menyerahkan pembalasan kepada Allah, karena Allah berfirman, “...janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah,sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan” (Rom. 12:19)

Rasul Paulus mengingatkan kepada jemaat di kota Roma agar tidak melakukan pembalasan atas kejahatan yang menimpa mereka. Fundamentalis Kristen sangat patuh kepada firman Tuhan oleh sebab itu Fundamentalis Kristen tidak pernah tercatat melakukan kejahatan, dan tidak pernah membalas kejahatan dengan kejahatan.

Beda Martir Dengan Jihad

Belakangan ini keharuman nama Fundamentalis Kristen tercoreng oleh fundamentalis agama lain yang menghalalkan cara demi tujuan. Fundamentalis Kristen menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kebebasan manusia untuk menentukan apa yang akan dipercayainya. Fundamentalis Kristen tidak mungkin melakukan kristenisasi karena mengkristenkan orang yang sesungguhnya tidak mau menjadi Kristen adalah kesalahan besar bagi Fundamentalis Kristen. Tidak boleh ada seorang Kristen pun yang tidak bertobat melainkan karena sesuatu yang bersifat jasmani, materi dan duniawi.

Fundamentalis Kristen berani mati demi kebenaran yang diyakininya, bukan mematikan orang demi apa yang diyakininya. Martir adalah orang yang berani mati demi kebenaran yang diyakininya, sedangkan jihad adalah mematikan orang demi sesuatu yang diyakini. Ingat, Fundamentalis Kristen itu pasukan martir, bukan pasukan jihad. ***

Sumber: PEDANG ROH Edisi 45 Tahun XI Oktober-November-Desember 2005

Tidak ada komentar: